Anak Demam, Tenang….!

Minggu malam kemarin, gag tahu sebabnya, tiba-tiba aja Abbas demam. Masih belum ada keluhan apa-apa, dia masih aja tetap main sampai jam 10 malam dan akhirnya tidur. Berharap besok pagi demamnya turun, eh, malah makin tinggi lagi panasnya dan Abbas kelihatan lemes sekali. Pengennya digendong, dipangku, dipeluk pokoknya gag mau pisah sama ibunya. Kalaupun ibunya harus ke kamar mandi sebentar, ya harus tega dengerin dia nangis dulu. Setelah digendong lagi Abbas langsung diem dan meluk. Asal digendong, Abbas gag rewel dan nangis. Meski gitu, gag tega deh lihatnya.

Sudah biasa, kalo anak gag enak badan, pasti gag doyan makan juga. Kalau 3-4 suapan masuk perut itu sudah sangat bersyukur daripada gag sama sekali… saya sengaja gag akan maksain dia makan banyak kalo sudah gag mau. Pokoknya, sabar-sabar aja dan sering-sering untuk nawarin entah itu bubur atau pisang atau susu sambil dihibur atau diajak maen. Pokonya perut Abbas tidak boleh kosong. Alhamdulillah meski gag enak makan dia doyan banget minum air putih dan ASI. Mungkin respon badannya ya karena panas banget. Setelah perutnya sedikit terisi, saya kasih Sanmol untuk nurunin demamnya. Sengaja gag saya minumin langsung karena pasti bakal dimuntahin (pengalaman sakit yang dulu-dulu). So, saya campur sama air putihnya. Dan anaknya bisa minum meskipun gag sebanyak biasanya (mungkin dia sadar rasanya kok beda ya).

Habis maghrib, demam Abbas mulai agak turun, alhamdulillah…. Tapi malah sejak waktu itu sampai malam dan besoknya lagi, Abbas malah rewel bentar-bentar nangis dan anehnya kok ya sering banget nya ileran. Dinenenin dia gag bisa. Maunya si nenen tapi dilepasin lagi. Jadi semaleman maunya minum air putih terus. Sempat bingung apa mau keluar giginya ya… Waktu itu ada tetangga yang sengaja nengokin ke rumah nanyain kabar Abbas kenapa tumben nangis terus. Lihat kondisinya gitu, kata beliau mungkin itu panas dalam atau sariawan,, coba dilihat mulutnya dan disuruh ngolesin pake madu. Ya namanya anak masih bayi susah amat kalau kita mau buka mulutnya untuk mastiin kalo ada yang aneh dan sakit. Dengerin nasihat gitu saya kasih sedikit madu dan dia mau. Semalaman kita begadang nemenin Abbas. Meski ngantuk capek ditahan aja. Syukur meski dia sakit dia sekali kali anteng diputerin video lagu anak-anak kesukaannya. Mungkin karena gambar kartun ya lucu. Sementara itulah senjata kita untuk mengisi sela-sela malam begadang ma Abbas, selain gendong tengok sana dan sini.

Subuh, Abbas baru mau tidur, dan bangunnya sekitar jam 8an pagi. Ada cerita lucu saat dia bangun kali ini. Waktu itu, dia langsung turun dari kasur terus tiba-tiba aja lari keluar. Saya yang di dalam cuma diem dan liat aja. Mungkin pas bangun lihat pintu kebuka dan di luar sudah terang banget dia bingung kali ya. Karena badan dan berdirinya belum stabil dia jatuh dan nangis nyariin kita mungkin.. Alhamdulillah Abbas sudah gag demam lagi saat itu, tapi dia masih ogahan makan dan matanya masih kelihatan lemes. Kadang masih rewel gag jelas juga minta gendong, mungkin lagi fase recovery ya. Treatment madu masih terus saya kasih paling gag sehari sekali tapi sanmolnya stop setelah panasnya turun.

Itu sedikit cerita pengalaman saya waktu anak demam kemarin. Sedikit tips dan trik yang akan saya ingat dari pengalaman kemarin

  • Kalau anak sakit atau demam, pertama, Ibu harus tenang jangan panik. Sabar yah… mungkin kalau anak sakit rewel gag jelas apa yang mereka mau, kita malah bakal ngerasa bingung campur kasihan gag tega atau mungkin jadi heboh kesal malah marah (Tidaaaakkkk). Tangani semuanya dengan tenang dan kepala dingin…. insyaAllah anak akan tenang juga dengan pikiran positif kita.
  • Tanya-tanya atau cari info tentang pertolongan pertama jika anak sakit. Misal kasih obat penurun panas anak segera jika anak demam atau obat alternatif alami lain untuk mengurangi gejala sakit anak. Kalau sehari dua hari belum tertangani, lebih baik ke dokter.
  • Jangan maksa anak makan jika sudah gag mau. Mbahnya Abbas dulu pernah bilang, anak sejak bayi itu sudah bisa ngrasain lapar, jadi gag usah pakai maksain, kalau sudah lapar anak pasti makan kok.
  • Biasain anak minum air putih. Gag ada salahnya banyak minum air paling sehat ini kan… mungkin efeknya jadi banyak pipis aja.

Sekian, semoga bermafaat.

 

 

Advertisements